by themeindie Pengertian dan Fungsi Akuntansi - kumpulan administrasi -->

Pengertian dan Fungsi Akuntansi

Pengertian dan Fungsi Akuntansi – Untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan pengertian anggaran beserta jenis-jenisnya, kali ini kami akan mengulas secara tuntas terkait dengan pengertian dan fungsi akutansi secara lengkap yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Pengertiann Akuntansi

Definisi akuntansi dari sudut pemakai adalah merupakan suatu bentuk disiplin ilmu yang menyuguhkan sebuah informasi yang dibutuhkan dalam hal pelaksanaan dan pengevaluasian kegiatan ekonomi secara efektif. Sedangkan definisi akuntansi dari sudut proses kegiatan adalah merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan atau pengklasifikasian, pelaporan dan penganalisisan data keuangan suatu organisasi atau entitas.

Menurut Amin. W. (1997) akuntansi merupakan suatu bentuk aktivitas dalam hal pengidentifikasian, pengukuran, pengklarifikasian dan pengikthtisaran sebuah transaksi ekonomi atau kejadian yang bisa menghasilkan data kuantitatif yang utamanya bersifat keuangan dan dipergunakan untuk mengambil keputusan.

Pengertian akuntansi menurut beberapa ahli

        Abu Bakar A dan Wibowo: akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan terhadap semua transkasi ekonomi dari substansi atau perusahaan.

        Kieso dan Weygandt: akuntansi adalah suatu sistem informasi yang tugasnya adalah untuk mengidetifikasi, melakukan pencatatan dan mengkomunikasikan segala kejadian ekonomi dari suatu organisasi ke pihak yang mempunyai kepentingan.

        American Institute of Certified Public Accountant: akuntansi merupakan suatu bentuk seni mencatat, mengikhtisarkan dan mengelola dengan proses tertentu dan dalam ukuran moneter dan transaksi serta kejadian-kejadian yang biasanya bersifat keuangan dan menafsirkan hasil-hasilnya.

Dari beberapa pengertian akuntansi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga aktivitas utama dalam akuntansi, yaitu:

    Aktivitas mengidentifikasi
    Aktivitas mencatat
    Aktivitas komunikasi

Fungsi Akuntansi

Fungsi yang paling utama dari akuntansi adalah sebagai media informasi keuangan suatu organisasi. Kenapa begitu? Sebab kita dapat melihat seperti apa kualitas dan perubahan yang ada di dalam suatu organisasi itu darilaporan akuntansi. Informasi yang diberikan akuntansi berbentuk data kuantitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai tata keuangan sangat dibutuhkan oleh pihak yang akan membuat keputusan dalam aktivitas selanjutnya baik orang yang ada didalam maupun diluar organisasi.
Image result for akuntansi

Akuntansi bisa dijadikan sebagai alat untuk membahasakan seperti apa yang terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Di dalam akuntansi terdapat dua macam informasiyang diberikan yaitu tentang nilai perusahaan dan informasi tentang untung-rugi perusahaan. Kedua informasi tersebut bermanfaat untuk:

    Untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki sebuah perusahaan
    Untuk mengetahui perkembangan maju mundurnya sebuah perusahaan
    Sebagai pondasi untuk menghitung pajak
    Untuk menjelaskan kondisi sebuah perusahaan saat membutuhkan kredit dari bank atau pihak lain
    Sebagai patokan untuk memutuskan kebijakan yang akan dilaksanakan
    Untuk dapat menarik minat investor saham apabila perusahaan telah menjadi perseroan terbatas
Bidang-bidang Akuntansi

    Akuntansi keuangan
    Pemeriksaan akuntansi atau auditing
    Akuntansi manajemen
    Akuntansi perpajakan
    Akuntansi budgester
    Akuntansi untuk organisasi nirlaba
    Akuntansi biaya
    Sistem akuntansi
    Akuntansi sosial

Akuntansi sebagai sistem
Beberapa konsep dasar akuntansi sebagai sebuah sistem yaitu:

    Kesatuan usaha
    Perusahaan berjalan
    Periode akuntansi
    Satuan uang
    Harta perolehan
    Aspek ganda
    Konsep akrual

Demikianlah informasi singkat mengenai pengertian dan fungsi akuntansi, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita semua.
Pencarian :fungsi akuntansi ,terangkan fungsi akuntansi ,jelaskan fungsi akuntansi ,Fungsi akutansi ,pengertian dan fungsi akuntansi ,fungsi akuntasi ,fungsi dari akuntansi ,pengertian fungsi akuntansi ,fungsi utama akuntansi ,fungsi aku


Show EmoticonHide Emoticon