Adminisrasi merupakan suatu kegiatan yang akan selalu dibutuhkan untuk
setiap lembaga, perusahaan, intansi, ataupun CV. Iya bagaimana tidak,
administrasi disini akan sangat dibutuhkan karena memiliki pengaruh yang
cukup besar untuk sebuah intansi.
Pengertian Administrasi Kepegawaian
Administrasi kepegawaian ialah segala
macam bentuk kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan masalah
pemakaian tenaga kerja atau pegawai untuk mencapai tujuan. Sedangkan
tujuan dari administrator adalah untuk menyusun dan mengontrol semua
kegiatan untuk memelihara, mengembangkan, mendapatkan ataupun
menggunakan seluruh tenaga kerja sesuai dengan beban kerja sehingga
tujuan dari organisasi atau perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya
dapat tercapai.
Fungsi Administrasi Kepegawaian
Fungsi administrasi kepegawaian dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:
- Fungsi manajerial
Yaitu suatu fungsi yang berhubungan dengan penggunaan pikiran, seperti: perencanaan, penegosiasian, pengarahan, dan pengendalian. - Fungsi teknis
Yaitu suatu fungsi yang berkaitan tentang teknis atau berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan fisik, misalnya: pengadaan, konpensasi, pengembangan, integrasi, pemeliharaan, maupun pemensiunan.Fungsi umum administrasi kepegawaian
Perencanaan Pegawai
Merupakan suatu proses untuk menentukan segala macam kebutuhan yang diperlukan oleh pegawai dimasa depan atas dasar dari perubahan yang terjadi dan persediaan tenaga kerja yang telah ada. Perencanaan pegawai adalah hal yang sangat penting, karena bisa membantu sebuah perusahaan atau organisasi dalam memilih sumber yang diperlukan dan bisa membantu untuk menentukan hal apa saja yang dapat dicapai dari sumber yang telah ada.
Pengorganisasian Kepegawaian
Merupakan penggolongan, penetapan, dan pengaturan segala macam kegiatan yang dianggap sangat penting, contohnya seperti: menetapkan tugas seseorang, menetapkan wewenang seseorang dan lain-lain ke dalam sebuah pola khusus yang sedemikian rupa sehingga tenaga kerja atau pegawai yang bekerja didalamnya bisa saling bekerja sama dan tentu saja agar bisa mempermudah suatu perusahaan atau organisasi dalam mencapai tujuannya.
Pengarahan Pegawai
Ada banyak sekali teori dan keyakinan yang berhubungan dengan motivasi pegawai, tetapi secarakeseluruhannya tidak ada kesepakatan tentang apa saja yang dapat membuat pegawai termotivasi. Apalagi bagi sebuah perusahaan membuat analisis yang mendalam tentang apa saja yang bisa membuat pegawainya termotivasi merupakan hal yang tidak praktis, akan tetapi terdapat berbagai aturan yang praktis yang dapat diikuti setidaknya untuk bisa membantu memotivasi seluruh tenaga kerjanya dan tentu saja dapat meningkatkan kepuasan kerj, antara lain seperti:
- Jelaskan apa itu yang dimaksud dengan
kinerja efektif dan pastikan bahwa mereka (tenaga kerja) mengetahui apa
yang diharapkan dari mereka.
- Pastikan terdapat hubungan yang jelas
antara kinerja dan penghargaan, dan juga pastikan bahwa setiap dari
hubungan seperti itu bisa di informasikan kepada tenaga kerja.
- Perlakukan seluruh tenaga kerja dengan adi dan penilaian tentang kinerja harus obyektif artinya sesuai dengan fakta yang ada.
- Kembangkan berbagai macam penghargaan yang berbeda-beda, sebab tidak semua orang dapat dinaikkan pangkatnya.
- Pompalah semangat pegawai didalam
lingkungan kerja sebaik munkin dan juga kembangkan gaya manajemen yang
mudah diserap dan dapat diubah-ubah menyesuaikan orang dan
lingkungannya.
- Kembangkan juga suatu sistem manjemen kinerja atau paling tidak tetapkan target yang dapat dicapai tapi bisa terus berkembang.
- Dan yang terakhir perhitungkan faktor
lingkungan dan sosial, seperti: kenyamanan tempat kerja, sarana kerja,
lingkingan kerja, interaksi sosial antar pegawai dan lain sebagainya.
intinya semua faktor yang dapat menjadi sumber ketidakpuasan.
Pengendalian Pegawai
Pengawasan merupakan bagian dari pengendalian yakni merupakan sebuah proses untuk mengukur tingkat keefektivitasan kerja dari tenaga kerja dalam hal memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi. Setiap bentuk dari pengawasan hal yang dibutuhkan adalah tolak ukur yang fungsinya untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam berkerja, dalam penilaian kerja, hal ini biasa dikenal dengan standar kerja.
Demikianlah uraian singkat tenatang definisi administrasi kepegawaian, semoga uraian singkat diatas dapat bermanfaat untuk kita semua…
sumber : definisipengertian
Show EmoticonHide Emoticon